Sunday, January 17, 2010

RADIUS

Remote Authentication Dial In User Service (RADIUS) adalah protokol jaringan terpusat yang menyediakan Authentication, Authorization, dan Accounting (AAA) manajemen untuk komputer untuk menghubungkan dan menggunakan layanan jaringan. RADIUS dikembangkan oleh Livingston Enterprises, Inc, pada tahun 1991 sebagai server akses protokol otentikasi dan akuntansi dan kemudian dibawa ke standar IETF.

Karena dukungan yang luas dan di mana-mana sifat dari protokol RADIUS ini sering digunakan oleh ISP dan perusahaan untuk mengelola akses ke Internet atau jaringan internal, jaringan nirkabel, dan terpadu layanan e-mail. Jaringan ini dapat menyertakan modem, DSL, jalur akses, VPN, jaringan pelabuhan, web server, dll.

RADIUS adalah klien / server protokol yang berjalan pada lapisan aplikasi, menggunakan UDP sebagai transportasi. Remote Access Server, Virtual Private Network server, dengan port Switch jaringan berbasis otentikasi, dan Network Access Server, semua gateway yang mengontrol akses ke jaringan, dan semua memiliki klien RADIUS komponen yang berkomunikasi dengan server RADIUS. RADIUS server yang biasanya merupakan proses latar belakang berjalan pada UNIX atau Windows NT mesin. RADIUS melayani tiga fungsi:

1. untuk proses otentikasi pengguna atau perangkat sebelum memberikan mereka akses ke jaringan,
2. untuk mengotorisasi para pengguna atau perangkat untuk layanan jaringan tertentu, dan
3. untuk mempertanggungjawabkan penggunaan layanan tersebut.



0 comments:

Post a Comment

Template by:
Free Blog Templates