Wednesday, January 27, 2010

Fortepiano,, Nenek Moyang Pianoforte

Mungkin sudah biasa bagi anda mendengar istilah pianoforte. Yaitu sebuah alat musik modern ber-keyboard yang menggunakan dawai sebagai sumber bunyinya dan lebih dikenal dengan nama piano. Namun, tahukah anda bahwa alat musik ini memiliki nenek moyang yang disebut fortepiano??


Seperti apa fortepiano itu??



Fortepiano adalah alat musik pendahulu piano (pianoforte) yang diciptakan pada abad ke-18 (sekiar tahun 1700) oleh seorang pembuat alat musik berkebangsaan Italia yang bernama Bartolomeo Cristofori. Fortepiano dibuat dan dijual di seluruh Eropa hingga abad ke-19. Saat ini, fortepiano masih diproduksi dalam jumlah yang relatif sangat sedikit. Biasanya diperuntukan bagi orang-orang atau organisasi-organisasi tertentu yang tertarik dengan alat-alat musik historis.

Kata 'fortepiano' adalah bahasa Italia dari (keras-lembut), seperti nama untuk piano modern, 'pianoforte' (lembut-keras). Keduanya adalah singkatan dari nama asli alat musik ciptaan Cristofori dalam bahasa Italia, yaitu: gravecembalo col (or di) piano e forte (harpsichord with soft and loud), yang berarti "piano dengan lembut dan keras".

Fortepiano memiliki pemukul berlapis kulit dan dawai yang tipis seperti yang ada pada piano. Fortepiano memiliki konstruksi yang jauh lebih ringan daripada piano modern dan tidak memiliki rangka metal. Kecuali pada fortepiano yang dibuat pada awal abad ke-19, karena sudah mulai berkembang menuju piano modern. Pemukul yang lebih ringan menghasilkan sentuhan yang lebih ringan pada dawai dan juga responsif pada fortepiano yang bagus.








Seperti halnya piano modern, volume dari suara yang dikeluarkan oleh fortepiano tergantung dari penekanan keyboard yang dilakukan oleh pemain. Semakin keras penekanannya, semakin keras volume suara yang dihasilkan. Tetapi, suara yang dihasilkan oleh fortepiano sedikit berbeda dengan suara yang dihasilkan oleh pianoforte, lebih lembut dengan lebih sedikit sustain (perpanjangan suara). Fortepiano cenderung memiliki kualitas nada yang berbeda dalam register yang berbeda. Agak mendengung di bass, "berdenting" di trebel yang tinggi, dan lebih bulat (lebih dekat dengan piano modern) di nada-nada pertengahan. Sebagai perbandingan, piano modern memiliki kualitas nada yang lebih seragam dalam jangkauannya.

Jika penasaran ingin mendengarkan suara fortepiano,, anda dapat melihat videonya di sini . .

Selamat menikmati ^^

9 comments:

GADP22 said...

gaul..
keep posting,ekek..

didinus said...

terimakasi . . ^^

biji01 said...

wah.. tambah pengetahuan nih..
=))

GADP22 said...

biji01: terima kasih

didinus said...

@GADP22: hm,, makasi udah dijawabin . .

GADP22 said...

didinus :~ sama2

didinus said...

hm 8|

didinus said...

video klipx gita gutawa yg terbaru sekarang pake piano model gini ni,,^^

Anonymous said...

seneng liat km gini :)

Post a Comment

Template by:
Free Blog Templates